Desain pemodelan informasi bangunan

PROFIL JURUSAN

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah salah satu jurusan yang mempelajari tentang perencanaan bangunan, pelaksanakan pembuatan gedung, perbaikan gedung, dan lain sebagainya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran menggambar desain rumah, gedung dan apartemen, menghitung biaya bangunan, melaksanakan pembangunan, dan memelihara konstruksi bangunan.

 

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN

Tujuan kompetensi Keahlian Program Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah mempelajari dan mengasah pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam.

  1. -> Melakukan pekerjaan sebagai drafter/juru gambar dalam pekerjaan perencanaan bangunan.
  2. ->Melakukan pekerjaan sebagai drafter/juru gambar dalam pekerjaan pelaksanaan bangunan
  3. ->Melakukan pekerjaan jasa penggambaran bangunan secara mandiri atau berwirausaha di studio gambar

 

KOMPETENSI KEAHLIAN

Kompetensi keahlian Program Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah sebagai berikut.

  1. ->Dasar-dasar gambar teknik
  2. ->Teknik pengukuran tanah
  3. ->Menggambar dengan perangkat lunak komputer
  4. ->Menggambar konstruksi gedung
  5. ->Menggambar konstruksi jalan dan jembatan
  6. ->Menghitung anggaran biaya bangunan

 

TATA TERTIB SECARA UMUM

Tata tertib Program Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah sebagai berikut.

  1. ->Datang tepat waktu
  2. ->Berpakaian sopan dan rapih
  3. ->Atribut lengkap
  4. ->Sepatu hitam
  5. ->Rambut pendek (untuk putra) dan tidak berwarna
  6. ->Kuku pendek
  7. ->Tidak memakai make up berlebihan (untuk putri)

 

TATA TERTIB PENGGUNAAN LABOLATORIUM DPIB

Tata tertib penggunaan labolatorium Program Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah sebagai berikut.

  1. ->Tidak terlambat memasuki laboratorium sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  2. ->Tidak keluar masuk laboratorium tanpa izin.
  3. ->Tidak diperbolehkan membawa alat yang tidak semestinya, misalnya senjata tajam atau alat yang tidak menunjang kegiatan pembelajaran.
  4. ->Memakai seragam dan atribut lengkap.
  5. ->Wajib menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan ketika kegiatan pembelajaran di dalam laboratorium.
  6. ->Dilarang merusak peralatan atau sarana prasarana yang ada di laboratorium.
  7. ->Dilarang merusak peralatan atau bahan yang akan digunakan untuk praktikum dengan mengisi format peminjaman alat atau pemakaian bahan habis pakai melalui laboran.
  8. ->Mengembalikan peralatan atau bahan yang telah digunakan praktikum.
  9. ->Merapikan dan membersihkan ruangan beserta peralatan yang digunakan untuk praktikum atau ketika kegiatan pembelajaran sudah selesai.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan pembelajaran Program Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah sebagai berikut.

-> Menggambar desain bangunan 2D

Back to top button